Menu Tutup

Berikut ini merupakan contoh otot yang bekerja secara sadar dan tidak sadar yang disebutkan secara berturut-turut adalah (C)

Berikut ini merupakan contoh otot yang bekerja secara sadar dan otot yang bekerja secara tidak sadar yang disebutkan secara berturut-turut (urut) adalah (C) otot bisep dan otot jantung.

Apasih otot sadar, dan apa sih otot tidak sadar itu ngab ?.

  • Otot sadar adalah otot yang cara kerjanya dapat kita kendalikan.
  • Otot tidak sadar adalah otot yang bekerja diluar kesadaran / tidak dapat dikendalikan.

Pada pilihan C, otot bisep itu ada di lengan, coba deh kamu gerakan lenganmu, misalnya dengan menekuk. Kamu secara sadar menggerakan otot lengan tersebut. Artinya otot tersebut dapat bergerak / bekerja sesuai kendalimu. Makanya termasuk otot sadar.

Sedangkan otot jantung, tidak dapat kita kendalikan, otot jantung bekerja untuk memompa jantung, kita tidak bisa mengendalikan otot tersebut untuk berhenti bergerak, ataupun bergerak dengan lebih cepat atau lambat.

Karena tidak dapat kita kendalikan, makanya otot jantung termasuk otot yang bekerja secara tidak sadar. Gitu ngab. Keren ya, bayangin kalau setiap memompa jantung harus kita gerakan sendiri, gimana jadinya kalau kita tidur?.

Ternyata otot-otot tersebut memiliki cara kerja yang berbeda-beda sehingga segala aktivitas tubuh dapat bekerja dengan baik.

Berikut ini merupakan contoh otot yang bekerja secara sadar dan tidak sadar yang disebutkan secara berturut-turut adalah ….

A. otot jantung dan otot dahi.

B. otot jantung dan otot trisep.

C. otot bisep dan otot jantung.

D. otot dahi dan otot gastronemius.

Penjelasan

  • Maksud soal: otot sadar dan tidak sadar, contohnya?.
  • Kata kunci: secara urut dari otot sadar dan tidak sadar.
  • Jawaban yang benar adalah C.

Kata kuncinya ada pada contoh dari otot sadar dan otot tidak sadar, secara berurutan. Otot bise pada di lengan, kita dapat menggerakan lengan tangan kita untuk makan, mengangkat sesuatu, dan lain sebagainya, sesuai kendali / keinginan kita.

Karena secara sadar dapat dikendalikan makanya otot bisep termasuk otot sadar, kemudian otot jantung tidak dapat kita kendalikan. Misalnya berhenti untuk memompa jantung. Saat tidur, tanpa sadarpun dan tanpa diperintahpun otot jantung terus memompa jantung.

Dikarenakan otot jantung tidak dapat dikendalikan, makanya termasuk otot tidak sadar.

  • Sedangkan jawaban A, B, dan D salah.

Otot jantung salah, karena termasuk otot yang tidak dapat dikendalikan, otot jantung bergerak tanpa kesadaran saat kita tidur maupun tanpa kita perintah, ia akan terus memompa jantung.

Namun pertanyaannya secara urut dari otot sadar, sedangkan pilihan A dan B dimulai dari otot jantung berarti tidak urut. Makanya salah.

Sedangkan otot dahi, dapat dikendalikan dengan sadar karena kita dapat menggerakan otot tersebut misalnya mengerutkan dahi. Kemudian otot gastronemius, ada di betis, kita juga dapat menggerakan betis kita sesuai kendali, maka termasuk otot sadar. Sehingg pilihan D adalah otot sadar dan otot sadar. Makanya salah, karena pertanyaannya otot sadar dan tidak sadar.

Berikut ini merupakan contoh otot yang bekerja secara sadar dan tidak sadar yang disebutkan secara berturut-turut adalah

Jawabannya

Berikut ini merupakan contoh otot yang bekerja secara sadar dan tidak sadar yang disebutkan secara berturut-turut adalah

(C) Otot bisep dan jantung, karena otot bisep ada di lengan, dan kita dapat menggerakan otot bisep tersebut misalnya untuk mengangkat, menulis, atau makan secara sadar, makanya termasuk otot sadar.

Lalu otot jantung tidak dapat dikendalikan, ia bekerja secara tanpa kita perintah, bahkan di saat kita tidur otot jantung tersebut tetap memompa jantung, makanya termasuk otot tidak sadar. Sehingga sesuai dengan pertanyaan soal, yaitu otot sadar dan tidak sadar secara berurutan.

Jawaban mengutip dari keterangan di bawah ini:

Berikut ini merupakan contoh otot yang bekerja secara sadar dan tidak sadar yang disebutkan secara berturut-turut adalah

Mohon maaf kalaU BENAR.

Berikut ini merupakan contoh otot yang bekerja secara sadar dan tidak sadar yang disebutkan secara berturut-turut adalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *