20. Berikut ini adalah tahapan melakukan bendungan atau (block), kecuali Berlari (B)

Berikut ini adalah tahapan melakukan bendungan atau (block) dalam permainan bola voli, kecuali / yang bukan merupakan tahapan membendung adalah tahapan (B) Berlari.

Pada permainan bola voli, teknik / gerakan memblocking hanya dilakukan oleh pemain depan, yang biasanya dilakukan oleh 3 orang pemain.

Sehingga, tidak diperlukan gerakan berlari, hanya perlu berjalan cepat, secara bergeser ke kanan atau kiri, mengikuti lintasan / arah bola passing / umpan pemain lawan. Sebab dari situ, titik smasher akan melakukan awalan smash berupa lompatan.

Berikut bagaiamana tahapan cara untuk melakukan blocking:

  • Bergerak ke arah bola (bergeser).

Gerakan ini dilakukan pada saat lawan melakukan passing, dengan mengikuti arah bola yang diberikan kepada smasher.

  • Tolakan.

Tahap tolakan atau ancang-ancang dilakukan menyesuaikan tipe smash musuh. Bisa bersamaan dengan musuh atau dilakukan setelah lawan melompat.

  • Melompat.

Tahapan melompat menyesuaikan dengan tingginya bola.

  • Kontak dengan bola, baik itu digerakan (aktif), maupun pasif.

Pada tahap ini kekuatan lengan tangan berpengaruh terhadap bendungan yang dilakukan. Keberhasilannya juga tergantung pada kekuatan smasher musuh.

  • Mendarat.

Posisi mendarat dengan kuda-kuda kaki yang kuat, dan bersiap memberi / menerima passing dari rekan bila teknik bendungan yang tadi dilakukan tidak efektif.

Berikut ini adalah tahapan melakukan bendungan atau (block), kecuali…*

a. Awalan.

b. Berlari.

c. Tolakan.

d. Loncatan.

Penjelasan

berikut ini adalah tahapan melakukan bendungan block kecuali . . .
  • Awalan, terdapat pada tahapan melakukan bendungan, awalan tersebut berupa bergerak mengikuti arah datangnya bola.
  • Berlari, teknik block dilakukan oleh satu atau lebih pemain yang ada di depan oleh sebab itu, tidak perlu berlari. Tujuannya saat bola bendungan masuk ke wilayah sendiri maka pemain belakang bisa mengantisipasinya.
  • Tolakan, atau ancang-ancang dilakukan dengan menyesuaikan teknik smash yang akan dilakukan oleh lawan. Contohnya pada Smash bola Open maka tolakan dilakukan setelah smaser meloncat, namun pada bola Quick tolakan dilakukan bersamaan dengan Smasher. Tujuannya untuk mencegah smasher menghindari / menembus bendungan.
  • Loncatan, dilakukan dengan menyesuaikan tingginya bola, yang disertai tangan diangkat dengan lengan yang dikencangkan.

Pada soal no. 20 di atas kata kuncinya adalah yang bukan tahapan-tahapan teknik blocking bola voli, berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang benar adalah b. Berlari.

Jawaban

Berikut ini adalah tahapan melakukan bendungan (block), kecuali
Berikut ini adalah tahapan melakukan bendungan (block), kecuali

Yang bukan tahapan melakukan gerakan bendungan (block) adalah 👩‍🏫 (B) Berlari.

Jawaban ini telah dikoreksi dan dinyatakan benar.

Tinggalkan komentar