16. Berikut ini adalah faktor-faktor keberhasilan dalam suatu servis, kecuali (c)

Di bawah berikut ini adalah faktor-faktor keberhasilan dalam suatu servis dalam permainan bola voli, kecuali / yang bukan adalah (C) kerasnya bola yang dipukul. Faktor keberhasilan teknik servis terdiri atas 3 faktor, yaitu kecepatan, perputaran, dan penempatan.

Kecepatan bola akan menyulitkan musuh untuk bersigap akan datangnya bola, perputaran dapat membantu mengurangi belokan atau arah bola sehingga tidak keluar dari area lawan, sedangkan penempatan bola pada area yang kosong akan menyulitkan musuh untuk mengembalikan bola tesebut.

Jawaban dari soal no. 16 halaman 63 pada buku PJOK kelas 7 terbitan 2017 terdapat pada halaman 32.

Berikut ini adalah faktor-faktor keberhasilan dalam suatu servis, kecuali

Berikut ini adalah faktor-faktor keberhasilan dalam suatu servis, kecuali . . .

a. kecepatan bola.

b. perputaran bola.

c. kerasnya bola yang dipukul.

d. penempatan bola di tempat kosong.

Berikut ini adalah faktor-faktor keberhasilan dalam suatu servis, kecuali

Penjelasan

a. kecepatan bola.

Dengan bola yang datang cepat, musuh akan segera terburu-buru untuk memantulkan bola, dan pantulan tersebut biasanya akan akan susah untuk dikendalikan. Oleh sebab itu, bola tersebut akan dipantulkan tinggi ke atas, baru kemudian melakukan passing untuk diberikan pada yang lain.

b. perputaran bola.

Lintasan perputaran bola dalam servis, mempengaruhi bagaimana bola itu akan berbelok, untuk mengecoh musuh, atau menyulitkan arah pengembalian bola.

Dengan lintasan bola yang kita tentukan terlebih dahulu sebelum melakukan servis maka kemungkinan bola itu keluar bisa diminimalisir.

c. kerasnya bola yang dipukul.

Dalam servis, kerasnya bola bukan faktor utama, yang penting bola tersebut bisa masuk ke daerah lawan secara cepat pada area yang kosong.

Kerasnya bola juga menjadi faktor, servis gagal karena keluar dari garis, atau karena keras, dan bola berputar pelan, bisa saja justru tidak melambung namun mengenai net.

d. penempatan bola di tempat kosong.

Menempatkan bola servis di tempat yang kosong akan menyulitkan musuh untuk mengambil dan mengemablikan bola, yang akan memudahkan dalam memperolah point.

Jawabannya

Pada intinya, hal ini bisa dibilang harus memahami teknik servis. Minimal 3 faktor keberhasilan: kecepatan, perputaran, dan penempatan. Kalau kita dapat soal, essai bisa menghafal, dengan metode ini.

Faktor keberhasilan servis adalah kepepet. Lebih mudah diingat kan? Lalu apa sih kepanjangannya ? Kepepet (KEcepatan, PErputaran, dan PEnempaTan). KEP juga bisa diibaratkan KEcePatan, biar gak kekecoh sama KErasnya bola. Intinya kepepet.

Intinya sih metode ini cuma metode saya dalam membantu memudahkan menghafal dan mengingatnya lebih lama, sama kayak mejikuhibiniu, kalau kalian punya metode sendiri ya silahkan selama hal itu memang membantu. Salam kepepet.

Jawaban: c. kerasnya bola yang dipukul ✅ telah terverifikasi ahli 👩‍🏫 dan dinyatakan benar 🥇.

4 pemikiran pada “16. Berikut ini adalah faktor-faktor keberhasilan dalam suatu servis, kecuali (c)”

  1. Jawabannya sangat membantu.Karena adanya penjelasan yang begitu jelas dan sangat terperinci.Terimakasih banyak atas bantuan jawaban dan penjelasan yang sangat membantu.

    Balas
  2. Terimakasih banyak.. bagus banget jawabannya.. ada penjelasannya jadi anak jaman sekarang kalau ingin mencari referensi dari internet tahu kenapa jawabannya seperti itu.. karna yang saya tahu dari sebelah itu tidak dikasih tau tuh penjelasannya.. jadi agak keenakan tinggal nyontek deh

    Balas
    • Nah, memang website ini terbentuk karena keluhan, informasi yang sangat mudah didapat dan diakses kadang bikin kita bingung menentukan jawaban yang benar mana, karena sumber referensinya tidak disebutkan atau jelas asal usulnya. Terimakasih atas pendapat Mba/Adek Nur Azizah, yang sangat membantu dan memberikan semangat Mimin untuk terus mengembangkan website ini semoga ke depannya bisa memberikan manfaat yang lebih banyak lagi. Terimakasih.Terimakasih. Terimkasih 🙂

      Balas

Tinggalkan komentar