8. Berdasarkan gambar kurva di atas, dapat disimpulkan bahwa (D)

Berdasarkan gambar kurva di atas (di bawah), dapat disimpulkan bahwa: (D) Jika harga barang dan jasa naik, maka jumlah yang ditawarkan bertambah. Sebab, pada kurva tersebut menunjukan posisi harga paling atas (tinggi), namun titik penawaran paling kanan (banyak).

Yang artinya, semakin tinggi harga, maka semakin banyak jumlah barang / jasa yang ditawarkan oleh penjual. Hal ini sesuai dengan hukum penawaran yaitu hubungan / perbandingan harga dan jumlah barang berbanding lurus.

Bila harga naik, maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik dengan syarat cateris paribus atau FAKTOR SELAIN HARGA BARANG tetap.

Misalnya nih, harga dari masker naik, namun faktor lain seperti permintaan juga tetap naik, contohnya kebijakan pemerintah menggunakan masker saat keluar rumah juga naik, dan kebutuhan akan masker naik.

Makanya, saat harga masker tersebut naik produsen akan menambah jumlah masker untuk ditawarkan karena faktor lain selain harga juga tetap / tidak berkurang (permintaan tetap tinggi) karena kebijakan pemerintah yang mewajibkan pakai masker.

Berdasarkan gambar kurva di atas, dapat disimpulkan bahwa

Berdasarkan gambar kurva di atas, dapat disimpulkan bahwa

A. bila harga turun, jumlah yang ditawarkan bertambah.

B. jika harga naik, jumlah yang ditawarkan berkurang.

C. bila harga turun, jumlah yang ditawarkan sedang.

D. jika harga naik, jumlah yang ditawarkan bertambah. ✅

Penjelasan

Maksud soal: kesimpulan kurva penawaran di atas.

Kata kunci: kurva penawaran.

  • Jawaban A, B, dan C SALAH.

Sebab, pada kurva yang menunjukan harga rendah / turun, jumlah barang yang ditawarkan juga rendah, bukan bertambah, maka A tidak sesuai dengan kurva. Begitupun B, dan C tidak sesuai dengan yang gambar kurva.

  • Sedangkan D BENAR.

Karena pada kurva, dimana koordinat Y, pada bagian atas yang artinya jauh dari angka nol, jumlah harga tinggi atau naik, menunjukan X / jumlah barang yang ditawarkan juga bergerser ke kanan / jauh dari 0 / makin banyak.

Makanya, saat harga naik/tinggi, jumlah yang ditawarkan akan bertambah. Hal ini berlaku apabila faktor lain selain harga tidak berubah. Misalnya permintaan tetap tinggi. Contohnya seperti masker walau harga tinggi karena permintaan banyak akibat kebijakan dan prediksi di masa depan demi kesehatan, jumlah barang akan ditambah.

Jawabannya

Berdasarkan gambar kurva di atas, dapat disimpulkan bahwa

(D) Jika harga naik, jumlah yang ditawarkan bertambah, sebab pada kurva menunjukan Harga bergeser ke atas (naik), sedangkan penawaran bergeser ke kanan (bertambah).

Jawaban di atas kita perjelas tentang hukum penawaran pada halaman 161.

Berdasarkan gambar kurva di atas, dapat disimpulkan bahwa

Maaf kalau BENAR.

Tinggalkan komentar