6. Berbagai upaya yang dilakukan untuk menghindari atau menunda munculnya penyakit atau gangguan kesehatan merupakan pencegahan (A)

Berbagai upaya yang dilakukan untuk menghindari atau menunda atau mencegah munculnya penyakit atau gangguan kesehatan merupakan jenis pencegahan (A) Primer.

Sebab, pencegahan primer adalah jenis pencegahan yang dilakukan sebelum terjadinya masalah kesehatan atau penyakit seperti memberikan perlindungan dan menjaga kesehatan.

Contohnya seperti imunisasi untuk mencegah penyakit menular seperti campak, atau cacar.

Menurut Clark, pencegahan dibagi ke dalam 3 macam:

  • Primer : upaya pencegahan yang dilakukan sebelum terkena / mengalami gangguan penyakit.

Contohnya: vaksinasi, dan menjaga pola hidup sehat.

  • Sekunder: upaya yang dilakukan setelah muncul gejala untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan yang lebih serius.

Contohnya: doagnosa dini, dan skrinning.

  • Tersier: upaya yang dilakukan setelah mengalami gangguan kesehatan dengan cara pencegahan kekambuhan, dan meningkatkan kualitas kesehatan.

Contohnya: latihan setelah patah kaki, minum obat secara teratur.

Jadi kseimpulannya, primer : mencegah sebelum terjadi penyakit, sekunder : diagonasa dini, dan tersier: pengobatan / pemulihan setelah terkena penyakit.

Berbagai upaya yang dilakukan untuk menghindari atau menunda munculnya penyakit atau gangguan kesehatan merupakan pencegahan

a. primer. ✅

b. sekunder.

c. tersier.

d. sederhana.

Penjelasan

Maksud soal: upaya pencegahan sebelum muncul penyakit.

Kata Kunci: sebelum mengalami gangguan kesehatan.

  • Jawaban A benar.

Karena pencegahan primer adalah usaha yang dilakukan untuk menunda atau mencegah sebelum mengalami gangguan kesehatan atau penyakit. Contohnya: vaksinasi.

  • Pencegahan Sekunder salah.

Sekunder dilakukan setelah seorang muncul gangguan atau gejala, sehingga dilakukan diagonasa dini agar untuk mencegah masalah yang lebih serius. Contohnya: deteksi dini penyakit.

  • Sedangkan tersier juga salah.

Sebab, usaha ini dilakuakn setalah didiagnosa mengalami suatu penyakit sehingga diperlukan usaha untuk mencegah gangguan kesehatan yang lebih serius. Seperti : mengkonsumsi obat.

  • Pilihan D sudah pasti salah.

Sebab, menurut Clark hanya ada tiga macam pencegahan yaitu Primer, Sekunder dan Tersier namun tidak ada Sederhana.

Jawabannya

Berbagai upaya yang dilakukan untuk menghindari atau menunda munculnya penyakit atau gangguan kesehatan merupakan pencegahan

Berbagai upaya atau usaha yang dilakukan untuk menghindari atau menunda munculnya penyakit atau gangguan keseahatan merupakan pencegahan secara (A) Primere. Sebab, pencegahan primer dilakukan sebelum terkena penyakit / mencegah / menunda, contohnya pemberian vaksin untuk mencegah terinfeksi penyakit menular.

Jawaban di atas dikutip dari jurnal Unimus tentang Perilaku Pencegahan pada halaman 10.

Berbagai upaya yang dilakukan untuk menghindari atau menunda munculnya penyakit atau gangguan kesehatan merupakan pencegahan

Dari penjelasan dan referensi valid yang disebutkan di atas maka jawaban diverifikasi BENAR.

Tinggalkan komentar