Menu Tutup

10. Bagian kepala yang tepat bersentuhan dengan bola dalam menyundul bola adalah (B)

Bagian kepala yang tepat bersentuhan dengan bola dalam menyundul bola adalah

Bagian kepala yang tepat bersentuhan / kontak dengan bola dalam menyundul bola adalah (B) dahi, sebab dahi merupakan bagian paling keras di kepala.

Bagain dahi beberapa kali disebutkan dalam pembelajaran sepak bola terbitan 2017, yang menggunakan kurikulum 2013 yang sampai saat ini masih digunakan.

Hal tersebut disinggung dalam teknik / gerak spesifik menyundul bola dalam permainan sepak bola kelas 8 SMP. Kemudian, pada buku kelas 11 SMA secara jelas diterangkan kalau bagian yang digunakan itu dahi.

Bagian kepala yang tepat bersentuhan dengan bola dalam menyundul bola adalah

Alasannya sudah dijelaskan tadi ya bro, karena bagian dahi, area yang paling keras pada kepala. Bagian kepala kan merupakan organ yang cukup vital jika terjadi cidera, walaupun bola cukup lentur, tapi kalau tendangan keras ya berasa sakitnya.

Bagian kepala yang tepat bersentuhan dengan bola dalam menyundul bola adalah…

a. ubun-ubun.

b. dahi.

c. Belakang kepala.

d. kenong

Bagian kepala yang tepat bersentuhan dengan bola dalam menyundul bola adalah

Jawabannya

Bagian kepala yang tepat bersentuhan dengan bola dalam menyundul bola adalah

Jawaban di bawah ini telah diverifikasi ahli 👩‍🏫 dan dinyatakan benar:
Bagian kepala yang digunakan untuk kontak / bersentuhan dengan bola dalam menyundul pada permainan sepak bola yang paling tepat adalah (B) Dahi.
Sebab, dahi (jidat) merupakan bagian yang paling keras pada kepala.

Penjelasan

a. ubun-ubun.

Bagian ubun-ubun itu di kepala bagian atas, tengah, selain karena kurang efektif dalam mengarahkan bola, juga memiliki tulang yang kurang keras, sehingga bisa berbahaya bila dilakukan secara terus menerus.

b. dahi.

Area dahi digunakan untuk menyundul bola sebab bagian yang paling keras, aman, lebar pada kepala. Kalau gak tahu dahi, orang inggris sering bilang “jidat”.

c. belakang kepala.

Kalau menggunakan bagian belakang kepala sangat tidak dianjurkan, sebab di bagian itu memiliki tengkorak yang lunak dan tempat menyimpan otak. Seringkan kita dengar gegar otak. Atau cidera pada otak. Kalau hal itu terjadi bisa menyebabkan pusing, mual, muntah hingga lupa ingatan.

d. kening.

Bagian kening itu berada di antara 2 alis, permukannya tidak terlalu lebar dan berdekatan dengan mata, jadi kurang efektif jika digunakan untuk menyundul bola.

Kata Kunci:

Pada soal no 10 Bab 1 ini, kata kuncinya ada pada bagian kepala untuk menyundul yang paling tepat. Nah, kata tepat ini mengacu kepada paling baik, dan efektif. Dari segi keamanan, kecepatan, dan keakuratan karena memiliki tempurung yang keras, maka jawabannya yang benar (B) dahi.

Barangkali, banyak yang ragu kok saya cari, ada yang menjawab ubun-ubun, ada juga kening. Ya walaupun kita nyontek setidaknya kita juga mikir, kenapa jawabannya a, c, d.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *