1. Bagaimanakah tahap-tahap kehidupan manusia pada masa praaksara? (Jawabannya)

Tahap-tahap kehidupan manusia pada masa praaksara / sebelum mengenal aksara dibagi menjadi 3 tahap yaitu (1) masa berburu dan mengumpulkan makanan, (2) masa bercocok tanam, dan (3) masa perundagian.

Masa berburu dan mengumpulkan makanan, terdiri dari 2 tingkat yaitu Sederhana dan Lanjut.

  • Pada tingkat sederhana terjadi pada zaman Paleolithikum, peradaban manusia masih sangat rendah, mereka pindah dari tempat satu ke tempat yang lain, dan mencari makan dengan cara berburu.
  • Pada tingkat lanjut terjadi pada zaman Mesolithikum, kehidupan pada masa ini sudah mulai mengalami perkembangan dengan hidup menetap di goa-goa walaupun hanya sementara. Dan mulai mencari makan dengan cara bercocok tanam.

Masa becocok tanam, terjadi pada zaman Neolithikum, dan pada masa ini tingkat peradaban manusia sudah cukup tinggi.

Mereka sudah mulai mampu mengolah alam untuk bercocok tanam, dan mengembangbiakan biantang seperti ayam, kerbau dan lain sebagainya.

Masa Perundagian, adalah akhir dari zaman praaksara di Indonesia. Perundagian berasal dari kata Undagi yang artinya seorang yang memiliki ketrampilan, seperti membuat gabah dan sebagainya.

Perundagian, terjadi paa zmaan perunggu, kehdiupan mereka tidak lagi sekedar memenuhi kebutuhan, namun juga untuk kesejahteraan.

Pengelolaan sawah dan berternak masih dilakukan namun mulai terjadi perdagangan dengan sistem barter.

Bagaimanakah tahap-tahap kehidupan manusia pada masa praaksara?

Tahap-tahap / periodisasi kehidupan manusia pada masa praaksara terdapat 3 tahapan:

  1. Masa berburu dan mengumpulkan makanan.
  2. Masa bercocok tanam.
  3. Masa perundagian.

Pada masa berburu dan mengumpulkan, kehidupan manusia masih mengandalkan alam, dengan cara melakukan perburuan dan mengumpulkan makanan seeprti umbi-umbian.

Sedangkan masa bercocok tanam, kehidupan manusia mulai mengalami perkembangan peradaban dengan mengolah alam, dan juga berternak secara sederhana.

Di masa perundagian, atau dikenal sebagai zaman logam, dan berasal dari kata Undagi yang berarti seorang yang memiliki ketrampilan membuat sesuatu.

Mereka mulai membentuk perkampungan, dan terdapat berbagai jenis pekerjaan seperti petani, pedagang hingga undagi, dan mulai terjadi perdagangan dengan sistem barter.

Jawabannya

Bagaimanakah tahap-tahap kehidupan manusia pada masa praaksara?

Tahap-tahap atau peridisasi kehidupan manusia pada masa praaksara atau belum mengenal akasara adalah tahap (1) Berburu dan mengumpulkan makanan, (2) Bercocok tanam, (3) Perundagian.

Jawaban ada di buku paket kelas 7 di halaman 209.

Bagaimanakah tahap-tahap kehidupan manusia pada masa praaksara

Maaf kalau 100.

Tinggalkan komentar