Bagaimana tanggapanmu apabila melihat teman-temanmu melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan semangat al-Asmau-al-Husna tersebut ? (Jawabannya)

Bagaimana tanggapanmu apabila melihat teman-temanmu melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan semangat al-Asmau-al-Husna tersebut ?, Jawabannya: memberikan contoh yang sebaliknya, atau melakukan tindakan yang sesuai dengan apa al-asmaul-al-husna agar teman kita sadar bahwa tindakan tersebut kurang baik, sehingga teman kita meniru tindakan kita.

Contohnya pada perilaku Al-‘alim yang berkaitan dengan yang Maha Mengetahui. Apabila teman kita tidak belajar dengan sungguh-sungguh, maka tindakan saya adalah dengan belajar sungguh-sungguh seperti membaca buku.

Sehingga teman saya akan tahu bahwa tindakannya karena tidak mau membaca yang menyebabkan nilaianya kurang baik, makai akan meniru kita dalam belajar.

Bagaimana tanggapanmu apabila melihat teman-temanmu melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan semangat al-Asmau-al-Husna tersebut ?

Apabila teman-teman saya melakukan tindakan yang tidak sesuai al-asmau-al-husna maka saya akan memberikan contoh tindakan yang sesuai dengan al-asmau-al-husna agar teman saya bisa sadar dan meniru tindakan saya tersebut. (Jawaban pertama).

Tanggapakan saya, adalah dengan mengajaknya melakukan tindakan yang sesuai al-asmau’-al-husna, seperti apabila teman saya tidak belajar sebagai bentuk perilaku al-‘alim, maka saya akan mengajaknya belajar bersama. (Jawaban kedua).

Yang saya lakukan apabila teman saya tidak melakukan perilaku al-asmau-al-husna adalah dengan menasehatinya perlahan-lahan dan lembut sebagai seorang teman, bila tidak berhasil saya akan mengajaknya teman saya untuk berbuat sesuai al-asmaul-al-husna seperti mengajak mereka belajar kelompok. (Jawaban ketiga).

Pada soal ini, tidak ada jawaban yang pasti, karena jawaban berupa opini, dan setiap orang memiliki pendapat masing-masing. Sehingga penilaiannya di dasarkan pada kebijakan guru kalian masing-masing.

Jawabannya

Bagaimana tanggapanmu apabila melihat teman-temanmu melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan semangat al-Asmau-al-Husna tersebut

Saya akan menasehatinya secara lembut sebagai seorang teman, namun bila belum berhasil saya akan memberikan contoh perilaku yang sesuai al-asmau-al-husna, kalau tidak berhasil, maka saya akan mengajaknya untuk berbuat sesuai dengan al-asmau-al-husna, contohnya apabila teman saya tidak mau belajar, saya akan mengajak belajar bersama sebagai bentuk perliku yang al-alim.

Gimana jawabannya di atas, mantep kan?. Intinya ini pendapat pribadi, kalian boleh kok menggunakan jawaban yang berbeda sesuai pendapatmu.

Nilai dari jawaban tergantung kebijakan masing-masing guru pembimbing.

Tinggalkan komentar