Menu Tutup

Bagaimana perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek ? (Jawabannya)

Bagaimana perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek ? Jawab: Dalam mengembangkan IPTEK, manusia harus memiliki tanggung jawab etis agar tidak menimbulkan permasalahan dan dampak / pengaruh negatif.

Bagi bangsa Indonesia, didalam mengembangkan dan menerapkan iptek perlu mempertimbangkan landasan idealnya yaitu Pancasila dan mempertimbangkan landasan konstitusionalnya yaitu UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Kaitanya dalam Pancasila terutama sila Ketuhanan Yang Maha Esa, sebenarnya telah memberikan peringatan kepada kita bahwa semua ilmu yang ada di dunia asalnya dari Tuhan, dan kelak akan dimintai pertanggung jawaban.

Artinya, sikap tanggung jawab kita di dalam mengembangkan dan menerapkan iptek harus mempertimbangkan kemaslahatan manusia, bukan untuk menyiksa dan mencelakakan manusia.

Begitulah jawaban versi 1. Itu dari paragraf 1 sampai 4 ya ngab.

Bagaimana perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek ?

Jawab:

Sikap tanggung jawab dalam mengembangkan IPTEK harus memiliki rasa tanggung jawab etis supaya tidak menimbulkan permasalahan dan dampak negatif.

Maka dalam pengembangan iptek tersebut harus sesuai dengan nilai-nilai landasan ideal bangsa yaitu Pancasila, dan sesuai dengan landasan konstitusi yaitu UUD NRI 1945.

Di dalam Pancasila, tanggung jawab dalam mengembangkan IPTEK harus mempertimbangkan tanggung jawab kita terhadap Tuhan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan.

Artinya IPTEK harus dikembangkan untuk kemaslahatan manusia, bukan untuk menyiksa dan mencelakakan manusia.

Di dalam amanat UUD dalam pengembangkan dan penerapan iptek harus mempertimbangkan untuk dapat memajukan kesejahteraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pakai jawaban versi kedua di atas yang agak panjang juga bisa.

Pada intinya, tanggung jawab berarti menanggung segala sesuatunya. Dalam mengembangkan Ilmu pengetahuan dan teknologi. Kita harus mengingkat bahwa bangsa kita memiliki Pancasila dan UUD.

IPTEK yang dikembangan harus membertimbangkan kedua landasan tersebut agar tidak menyebabkan permasalahan kelak.

Contohnya: pengembangan nuklir, dapat memiliki manfaat yang baik apabila digunakan untuk pembangkit energi. Berbeda halnya bila digunakan sebagai senajata.

Kata Kunci

Bagaimana perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek

Di bawah ini jawaban yang singkat dan benar sesuai kata kunci jawaban guru.

Bagaimana perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek

Sebenarnya, jawabannya dijelaskan dalam buku paket halaman 80.

Jawaban diverifikasi BENAR.

Bagaimana perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *