Menu Tutup

Bagaimana perwujudan nilai-nilai keterbukaan sebagai wujud dampak kemajuan iptek dalam proses penyelenggaraan negara ? (Jawabannya)

Bagaimana perwujudan nilai-nilai keterbukaan sebagai wujud dampak kemajuan iptek dalam proses penyelenggaraan negara ? Jawabannya: Nilai-nilai keterbukaan dapat diwujudkan dalam pemerintahan yang demokratisasi, yang akan meningkatkan kualitas dan kuantitas dari partisipasi rakyat dalam penentuan kebijakan publik yang dilakukan oleh pemerintah.

Dengan nilai-nilai keterbukaan tersebut diharapkan dapat mencegah praktik korupsi, kolusi dan nepotisme sehingga tercipta pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

Begitulah ngab jawabannya. Dalam soal ini disebutkan mengenai keterbukaan dan penyelenggaraan negara.

  • Keterbukaan dalam hal ini berarti masyarakat / rakyat dapat dengan bebas mengetahui proses penyelenggaran negara / pemerintahan.

Contohnya: dalam hal ini dampak IPTEK, dengan adanya Televisi, Internet masyarakat jadi tahu informasi mengenai kebijakan negara, bahkan proses penyelenggaran negara, apa saja yang akan atau telah dilakukan oleh pemerintah.

  • Penyelenggaran negara, berarti mengenai penyelenggaran pemerintahan, bagaimana pemerintah dijalankan oleh para penyelenggara negara seperti badan legislatif, eksekutif, dan yudikatif.

Contohnya: DPR membuat UU, Mahkamah Konstusi mengadili suatu perkara dan lain sebagainya.

Yang berarti nilai dari keterbukaan yang dimaksud disini adalah hal-hal penting / manfaat dalam keterbukaan penyelenggaran pemerintahan.

Bagaimana perwujudan nilai-nilai keterbukaan sebagai wujud dampak kemajuan iptek dalam proses penyelenggaraan negara ?

Dengan adanya keterbukaan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dalam proses penyelenggaraan negara, dimungkinkan akan dapat mencegah praktik-praktik tidak baik seperti korupsi, kolusi dan nepotisme sehingga dapat tercapai pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Dengan wujud keterbukaan berupa pemerintahan yang demokratis, sangat dimungkinkan akan meningkatnya kualitas dan kuantitas partisipasi politik rakyat / masyarakat di dalam menentukan kebijakan-kebijakan publik.

Begitu ngab jawabannya.

Kata kunci

Bagaimana perwujudan nilai-nilai keterbukaan sebagai wujud dampak kemajuan iptek dalam proses penyelenggaraan negara

Begini jawaban yang benar. 😜

Bagaimana perwujudan nilai-nilai keterbukaan sebagai wujud dampak kemajuan iptek dalam proses penyelenggaraan negara

Jawaban diatas mengutip kata kunci jawaban guru.

Mohon maaf kalau BENAR.

Bagaimana perwujudan nilai-nilai keterbukaan sebagai wujud dampak kemajuan iptek dalam proses penyelenggaraan negara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *