Bagaimana hubungan antara banyak persegi satuan yang menutupi sisi dengan persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan ? (Jawabannya)

Bagaimana hubungan antara banyak persegi satuan yang menutupi sisi dengan persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan ? hubungan berarti kaitannya.

Lalu apa sih kaitannya, antara Sisi persegi satuan dengan Seluruh permukaan persegi. Seluruh permukaan persegi = luas persegi.

Nah, luas persegi = sisi x sisi. Jadi sisi suatu persegi berhubungan dengan seluruh permukaan persegi, sebab untuk mengetahui seluruh permukaan persegi harus mengetahui banyak persegi satuan suatu sisi.

Bagaimana hubungan antara banyak persegi satuan yang menutupi sisi dengan persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan ?

Jawab:

Hubungannya adalah seluruh permukaan persegi satuan (luas) merupakan hasil perkalian dari banyak persegi satuan yang menutupi sisi persegi (sisi x sisi).

Sehingga untuk mengetahui persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan persegi, harus mengetahui terlebih dahulu banyak persegi satuan yang menutupi sisi (panjangnya).

Begitulah jawabannya teman-teman. Belajar online kali ini, sebenarnya gambarnya berupa suatu persegi kecil-kecil yang disebut persegi satuan, yang kemudian tersusun menjadi bentuk persegi besar.

Nah, yang ditanyakan hubungannya banyak persegi kecil pada sisi, dengan banyak seluruh persegi kecilnya. Hubungannya ya, pada luas persegi / seluruh permukaan persegi satuan.

Untuk mengetahui luasnya, kita harus mengetahui dulu banyak sisinya. Kalau sisinya 6 persegi satuan berarti luasnya: s x s = 6 x 6 = 36.

Perhatikan keterangan di bawah ini:

Bagaimana hubungan antara banyak persegi satuan yang menutupi sisi dengan persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan

Verifikasi

Bagaimana hubungan antara banyak persegi satuan yang menutupi sisi dengan persegi satuan yang menutupi seluruh permukaan

Demikianlah hubungan persegi satuan pada sisi, dengan seluruh persegi satuan: 🟨🟥✅

Kebijakan masing-masing guru pembimbing 👩‍🏫

Tinggalkan komentar