Menu Tutup

Bagaimana cara berdakwah Nabi Muhammad saw ? (Jawabannya)

Bagaimana cara berdakwah Nabi Muhammad saw ? Berikut ini penjelasan mengenai hal-hal / metode yang dilakukan oleh Rasulullahdalam melakukan dakwah.

Apabila becermin dari dakwah yang dilakukan Rasulullah Saw, semuanya dimulai dari diri sendiri melalui sikap dan perilaku yang terbaik, tutur kata yang santun dan sopan, pergaulan yang damai dan menenteramkan, sampai pada menghindari cara-cara kekerasan, ketakutan, dan paksaan (Perhatikan isi dan kandungan Q.S. al-Qalam/68: 4), Q.S. al-Fath/48: 8, dan Q.S. at-Taubah/ 9: 128)

Pada masa rasulullah, di saat kaum kafi­r quraisy yang dikenal dengan kaum jahiliyah Arab, khususnya di Periode Makkah, mayoritas mereka tidak mengenal tatanan yang benar, mulai perbudakan yang merajalela; meminum khamr dan melakukan perzinaan menjadi gaya hidup mereka, sampai pada derajat manusia dihargai hanya banyaknya kekayaan dan kekuasaan yang diraih, tanpa mengenal kehormatan dan kemuliaan.

Namun kemudian diubah menjadi 180% oleh Rasulullah Saw hanya dalam waktu + 23 tahun. Nah, gimana sih cara dakwah Rasulullah?.

Bagaimana cara berdakwah Nabi Muhammad saw ?

Jawab:

  1. Lemah lembut dalam menjalankan dakwah.
  2. Bermusyawarah dalam segala urusan, termasuk urusan berdakwah.
  3. Menyampaikan dakwah sesuai dengan objek kajian dakwah.
  4. Lapang dada dan sabar.
  5. Kebulatan tekad.
  6. Bertawakal.
  7. Dimulai dari diri sendiri.
  8. Dilakukan dengan sopan dan menentramkan, tanpa paksaan serta tanpa kekerasan.

Begitulah jawabannya teman-teman. Pada hal-hal yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw, ketika berdakwah menyebarkan kebenaran agama Islam.

Kunci Jawaban

Bagaimana cara berdakwah Nabi Muhammad saw

Berikut ini kunci jawaban yang benar: ✅👩‍🏫📘

Bagaimana cara berdakwah Nabi Muhammad saw

Catatan: jawaban di atas dikutip dari buku paket kelas 11 terbitan kemenag halaman 160. Kalau buku paket yang kalian pake terbitan kemendikbud keknya kalau gak salah sih gak ada.

Minimal sih kalian sebutkan 4 agar skornya maksimal.

Kebijakan masing-masing guru pembimbing 👩‍🏫

Bagaimana cara berdakwah Nabi Muhammad saw

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *