10. Ayunkan kedua lengan ke belakang kemudian putar kedua lengan melalui bawah di samping badan merupakan gerakan mengayunkan lengan (D)

Ayunkan kedua lengan ke arah belakang kemudian putar kedua lengan tangan melalui bawah di samping badan merupakan gerakan mengayunkan lengan menggunakan (D) Dua lengan arah ke depan dan belakang.

Pada senam irama, nama ayunan umumnya sesuai dengan arah mengayunkannya. Dalam soal no 10 di atas, gerakan pertama berupa ayunan dengan jelas ke arah belakang.

Yang ke samping dan bawah itu putarannya, yang dilakukan setelah hitungan ke-2 yaitu gerakan tangan diayunkan kembali ke depan.

Pada gerak berirama, arah berlawanan dijadikan satu misal: samping meliputi kanan dan kiri, begitupun depan maka diayunkan ke depan dan belakang.

Ayunkan kedua lengan ke belakang kemudian putar kedua lengan melalui bawah di samping badan merupakan gerakan mengayunkan lengan

a. Satu lengan ke depan.

b. Satu lengan ke belakang.

c. Satu lengan ke samping.

d. Dua lengan ke depan dan belakang.

Penjelasan

  • Gerakan mengayunkan lengan ke depan dijadikan satu dengan belakang, karena kedua arah tersebut saling berkaitan. Sehingga jpilihan a, karena tidak ada dalam teknik, maka salah.
  • Begitu pula dengan pilihan jawaban B, yang merupakan satu kesatuan dengan gerak depan. Oleh sebab itu, salah.
  • Dalam gerak ke samping badan, posisi lengan akan ditaruh di samping kanan badan. Kemudian baru akan diayunkan ke kiri.
  • Untuk pilihan dua lengan ke depan, pada mulanya memang kedua lengan diluruskan ke depan. Baru kemudian diayunkan ke belakang. Sehingga pada soal di atas mengutip penjelasan dari peragaan cara mengayunkan ke depan belakang tersebut.

Jawabannya

Ayunkan kedua lengan ke belakang kemudian putar kedua lengan melalui bawah di samping badan merupakan gerakan mengayunkan lengan

✅ dengan (D) dua lengan ke arah depan dan belakang. 👍

Seperti yang sudah dijelaskan pada soal sebelumnya, dan pembahasan terkait, nama untuk gerakan ayunan lengan umumnya sama dengan arah ayunan tersebut.

Dalam soal, dengan jelas menyebutkan diayunkan ke arah belakang, putarannya yang ke samping dan bawah.

Tabel kebenaran

Maka, jawabannya terdapat pada pilihan (D). Hal ini juga diterangkan pada buku cetak PJOK halaman 236 sampai 237 pada poin B, C, dan D.

ayunkan kedua lengan ke belakang kemudian putar kedua lengan melalui bawah di samping badan merupakan gerakan mengayunkan lengan
  • Berdasarkan buku cetak PJOK Bab 7 tentang Senam Irama, yang terdapat pada halaman 237 dalam poin / langkah B sampai D.
  • Lalu berdasarkan penjelasan, maksud soal, dan pembahasan materi di atas.

Jawaban sesuai dan berdasarkan buku cetak sheingga dinyatakan BENAR.

Tinggalkan komentar