Apabila memenangkan pertandingan, hendaknya kita bersikap (A)

Apabila memenangkan pertandingan, hendaknya kita bersikap (A) rendah hati, sebab rendah hati adalah sikap yang terpuji.

Yang mana kita menyadari batas kemampuan, dan kelemahan diri sendiri. Yang hal ini, berarti kita menghargai dan menghormati lawan bertanding kita. Makanya jawabannya adalah C.

Apabila memenangkan pertandingan, hendaknya kita bersikap . . . .

A. rendah diri.

B. besar kepala.

C. rendah hati.

D. iri hati.

Penjelasan

  • Maksud soal: sikap bila menang pertandingan.
  • Kata kunci: sikap.
  • Jawabannya adalah C.

Belajar online kali ini, kata kuncinya ada pada sikap bila kita memenangkan suatu pertandingan. Tentunya sikap yang baik / terpuji.

Dari pilihan jawaban ada pada jawaban rendah hati. Dengan rendah hati, berarti kita tidak merasa paling jago atau pintar, dan tidak merendahkan lawan, sebab menyadari keterbatasan kelebihan dan kekurangan kita.

Apabila memenangkan pertandingan, hendaknya kita bersikap
  • Sedangkan jawaban A, B dan D salah.

Rendah diri berarti sikap merasa diri kita paling rendah daripada yang lain, hal ini tidak baik karena dapat menyebabkan pesimis. Maka A salah.

Kalau besar kepala, berarti sombong, yang hal ini kita menganggap diri paling tinggi, sehingga merendahkan orang lain. Maka perilaku ini tidak baik. Sehingga jawaban B salah.

Kalau iri hati, berarti merasa dengki, membenci orang yang memiliki sesuatu yang tidak kita miliki, hal ini tidak baik. Sehingga jawaban D salah.

Verifikasi

Apabila memenangkan pertandingan, hendaknya kita bersikap

(A) rendah hati, karena rendah hati adalah sikap yang baik, kita menyadari batas kelebihan dan kekurangan diri sendiri, sehingga menghargai dan menghormati orang lain.

Jawaban diverifikasi BENAR 💯

Tinggalkan komentar