Menu Tutup

Apabila ada pemimpin yang mengajak kepada kemaksiatan, sikap kita sebagaimana dijelaskan pada QS an-Nisa 4 ayat 59 adalah (C)

Apabila ada pemimpin yang mengajak kepada kemaksiatan, sikap kita sebagaimana dijelaskan pada QS an-Nisa 4 ayat 59 adalah (C) menolaknya dengan cara yang halus.

Sebab, dalam surat An Nisa ayat 59 artinya “Wahai orang-orang yang beriman ! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan)) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (al-Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.”

Dalam surat di atas dijelaskan kita diperintahkam untuk menaati Ulil Amri / pemimpin, namun kalau terjadi perbedaan pendapat, seperti misalnya dalam soal mengajak pada kemaksiatan.

Maka kita mengembalikan pada Al Qur’an dan Hadis. Sehingga karena kemaksiatan tersebut melanggar perintah Allah, tidak sesuai dengan Al Qur’an maka tindakan kita adalah menolaknya dengan halus agar kita tetap berada di jalan yang benar yaitu mengikyti Al Qur’an dan Hadis.

Apabila ada pemimpin yang mengajak kepada kemaksiatan, sikap kita sebagaimana dijelaskan pada QS an-Nisa 4 ayat 59 adalah ….

a. mengikuti meskipun salah.

b. memeranginya dengan cara yang keras.

c. melakukan demo untuk menentangnya.

d. menolaknya dengan cara yang halus.

e. membiarkan dan masa bodoh saja.

Penjelasan

  • Maksud soal: pemimpin mengajak kemaksiatan.
  • Kata kunci: an nisa ayat 59.
  • Jawabannya adalah D.

Pada belajar online kali ini, kata kunci soalnya adalah pemimpin mengajak kemaksiatan, berarti mengajak untuk melanggar Al Qur’an, maka sikap kita adalah tidak mengikutinya dengan cara menolak secara halus.

Makanya jawabannya adalah D. Berikut ini bunyi ayat ke 59 surat An Nisa:

Apabila ada pemimpin yang mengajak kepada kemaksiatan, sikap kita sebagaimana dijelaskan pada QS an-Nisa 4 ayat 59 adalah
  • Sedangkan A, B, C dan E salah.

A, mengikuti meskipun salah, berarti kita melakukan maksiat dan hal ini tidak sesuai dengan Al Qur’an. maka A salah.

B, C dan D salah karena tindakan yang dilakukan tidak mencerminkan nilai-nilai Islam, tidak sesuai dengan Al Qur’an dan Hadis, makanya salah.

Kunci jawaban

Apabila ada pemimpin yang mengajak kepada kemaksiatan, sikap kita sebagaimana dijelaskan pada QS an-Nisa 4 ayat 59 adalah

(D) menolaknya dengan cara yang halus, karena kemaksiatan adalah perbuatan yang dilarang oleh Allah, sehingga kita tidak boleh mengikutinya dengan cara menolak secara halus.

Jawaban diverifikasi BENAR 💯

Apabila ada pemimpin yang mengajak kepada kemaksiatan, sikap kita sebagaimana dijelaskan pada QS an-Nisa 4 ayat 59 adalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *