Apa yang digunakan oleh nelayan tradisional untuk menangkap ikan ? (Kunci Jawaban)

Apa yang digunakan oleh nelayan tradisional untuk menangkap ikan ? untuk mengetahui jawabannya kita harus membaca teks pada buku paket kelas 4 tema 4 halaman 53, Ayo Berdiskusi.

Nelayan kan berarti pekerjaan yang kegiatannhya berupa menangkap ikan. Nah, tradisoonal berarti dilakukan dengan cara yang masih sederhana.

Misalnya saja dengan jaring, pancing, perangkap ikan dan lain sebagainya. Namun kalian harus sesuai dengan bacaan teks, kira-kira apa yang dipakai berdasasarkan teks tersebut dalam menangkap ikan?.

Apa yang digunakan oleh nelayan tradisional untuk menangkap ikan ?

Jawab:

Yang digunakan oleh nelayan tradisioanl untuk menangkap ikan adalah sampan dan jaring.

Nah, begitulah jawabannya teman-teman. Karena pada belajar online kali ini materinya berupa pekerjaan sebagai nelayan.

Yang hal ini diterangka pada halaman 53. Pada paragraf pertama teks tersebut sebenarnya disebutkan. Perhatikan paragraf di bawah ini:

Apa yang digunakan oleh nelayan tradisional untuk menangkap ikan

Ayah bekerja sebagai seorang nelayan tradisional. Ayah tinggal di kampung nelayan. Ayah pergi melaut pada malam hari. Ayah membawa sampan dan jaring untuk pergi berlayar.

Dari paragraf di atas, jelas disebutkan bahwa nelaya tradisional hanya menggunakan sampan dan jaring dalam menangkap ikan. Sampan itu perahu kecil, tanpa mesin untuk berlayar, sedangkan jaringnya diguakan untuk menangkap ikan.

Lalu pada paragraf berikutnya juga diperjelas:

Saat berlayar, Ayah harus menghadapi ombak dan badai di laut. Karena hanya menggunakan sampan, Ayah tidak dapat pergi melaut terlalu jauh. Tangkapan ikan Ayah kadang banyak kadang sedikit. Semua bergantung pada cuaca. Sampan Ayah tidak bermesin. Ayah tidak perlu membeli bahan bakar.

Di situ disebutkan, karena menggunakan sampan, tidak bermesin jadi tidak perlu bahan bakar. Namun karena sampan itu kecil, beryarnya tidak terlalu jauh. Dan bila cuaca buruk, nelayan tradisional akan kesulitan / terhalang dalam mencari ikan.

Apa yang digunakan oleh nelayan tradisional untuk menangkap ikan

Verifikasi

Apa yang digunakan oleh nelayan tradisional untuk menangkap ikan

Nelayan tradisional menggunakan sampan dan jaring untuk menangkap ikan: 🐟

Kebijakan masing-masing guru pembimbing 👩‍🏫

Tinggalkan komentar