Allah Swt sendirilah yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat, mengetahui apa yang terkandung di dalam rahim, mengetahui kapan akan turun hujan Allah Swt Maha Mengetahui merupakan makna dari (A)

Allah Swt sendirilah yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat / hari akhir, mengetahui apa yang terkandung di dalam rahim, mengetahui kapan akan turun hujan, Allah Swt Maha Mengetahui segala sesuatu merupakan makna dari (A) al-‘Alim.

Sebab, al-‘Alim artinya Maha mengetahui, Allah Maha Mengetui yang tampak dan juga yang ghaib, yang di langit maupun yang di bumi, yang akan maupun yang belum terjadi. Karena pengethuan Allah tidak terbatas.

Allah Swt sendirilah yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat, mengetahui apa yang terkandung di dalam rahim, mengetahui kapan akan turun hujan Allah Swt Maha Mengetahui merupakan makna dari…

A. al-‘Alim.

B. al-Khabir.

C. as-Sami’.

D. al-Basir.

Penjelasan

  • Maksud soal: sifat Allah yang maha Mengetahui disebut.
  • Kata kunci: mengetahui.
  • Jawaban yang benar adalah (A).

Karena al-‘Alim artinya Maha Mengetahui, maksudnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu, dan pengetahuan Allah tidak terbatas. Allah tahu kejadian yang akan datang bahwa akan terjadi hari kiamat, dan Allah tahu kapan hal tersebut akan terjadi. Allah tahu kapan akan turun hujan, tahu apa yang ada dalam Rahim dan lain sebagainya.

  • Sedangkan jawaban B, C dan D salah.

Sebab, al-Khabir artinya maha teliti, Allah menciptakan segala sesuatu dengan teliti, sehingga tidak bukan yang dimaksud soal yaitu pengetahuan. Maka A salah.

Sedangkan as-Sami’ artinya maha mendengar, maksudnya Allah maha mendengar segala suara. Berarti berkaitan dengan mendengar bukan pengetahuan. Maka C salah.

Jawaban D juga salah, karena al-Bashir artinya melihat, maksudnya Allah Maha Melihat segala sesuatu di alam semesta baik debu, daun yang jatuh dan lain sebagainya. Maka berkaitan dengan memantau bukan pengetahuan, sehingga salah.

Jawabannya

Allah Swt sendirilah yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat, mengetahui apa yang terkandung di dalam rahim, mengetahui kapan akan turun hujan Allah Swt Maha Mengetahui merupakan makna dari

(A) al’-Alim, karena al-‘Alim berarti Maha Mengetahui, Allah Maha mengetahui segala sesuatu, pengetahuannya tidak terbatas, Allah mengetahui kapan hujan turun hingga kapan hari kiamat akan terjadi.

Jawaban dikutip dari penjelasan pada buku paket di bawah ini:

Allah Swt sendirilah yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat, mengetahui apa yang terkandung di dalam rahim, mengetahui kapan akan turun hujan Allah Swt Maha Mengetahui merupakan makna dari

Jawaban BENAR.

Tinggalkan komentar