7. Akulturasi antara kebudayaan Hindu-Buddha dan kepercayaan asli Indonesia terlihat pada (D)

Akulturasi antara kebudayaan Hindu-Buddha dan kepercayaan asli di Indonesia dapat terlihat pada (D) bentuk candi yang berundak.

Sebab, bentuk candi masyarakat Indonesia pada hakikatnya berupa punden berundak, yang kemudian bercampur dengan budaya Hindu-Buddha dengan perubahan bagian-bagian seperti bangunan yang megah, patung perwujudan dewa atau Buddha hingga stupa yang dibawa oleh bangsa India, dan menjadi candi.

Akulturasi adalah percampuran dua budaya yang berbeda tanpa menghilangkan atau mengganti budaya yang lain, yang artinya keduanya bercampur menjadi satu.

Percampuan lain bisa juga ditemui pada karya sastra Indonesia, dalam wujud perwayangan yang bercamur dengan cerita Ramayana dan Mahabarata dari India.

Akulturasi antara kebudayaan Hindu-Buddha dan kepercayaan asli Indonesia terlihat pada

a. munculnya kerajaan-kerjaan bercorak Hindu-Buddha.

b. raja dianggap sebagai keturunan dewa.

c. pembuatan arca sebagai perwujudan dewa.

d. bentuk candi yang berundak. ✅

Penjelasan

Maksud soal: percampuran budaya Indonesia dan Hindu-Buddha terdapat pada.

Kata kunci: akulturasi.

  • Pilihan A salah.

Sebab, budaya awal masyarakat Indonesia adalah kepala suku yang dipilih oleh masyarakat, bukan kerajaan, yang kemudian berganti menjadi kerajaan.

Yang artinya, kebudayan awal hilang dan berganti budaya baru. Berarti bukan bercampur, makanya salah.

  • Sama halnya dengan B salah.

Karena awalnya kepala suku diganti menjadi raja, artinya, budaya sistem pemerintahan kepala suku berganti menjadi raja bukannya bercampur.

  • Sama halnya pembuatan arca sebagai perwujudan dewa.

Adat istiadat di Indonesia pada awalnya mempercayai nenek moyang, dan pemuatan archa merupakan pergantian kepercayaan pemujaan nenek moyang menjadi pemujaan dewa.

  • Sedangkan D yang benar.

Karena pada awalnya punden berundak merupakan tempat pemujaan untuk nenek moyang, yang kemudian bercampur dengan budaya Hindu-Buddha menjadi sebuah candi dengan ditambah archa atau patung untuk pemujaan dewa.

Berarti bentuk budaya asli tetap ada, dan bercampur dengan penambahan archa dan menjadi candi. Makanya D benar.

Jawabannya

Akulturasi antara kebudayaan Hindu-Buddha dan kepercayaan asli Indonesia terlihat pada

Akulturasi antara kebudayaan Hindu-Buddha dan kepercayaan asli Indonesia terlihat pada (D) bentuk candi yang berundak. Sebab, akulturasi maksudnya adalah percampuran dua budaya menjadi satu. Jika sebelumnya budaya asli berupa punden berundak untuk pemujaan nenek moyang, kemudian bercampur dengan ditambah archa dan stupa sebagai kepercayaan Hindu-Buddha terhadap dewa.

Jawaban di atas diambil dari buku paket kelas 7 di halaman 228.

Akulturasi antara kebudayaan Hindu-Buddha dan kepercayaan asli Indonesia terlihat pada

Maaf kalau BENAR.

Tinggalkan komentar