Menu Tutup

8. Ada tiga golongan pencegahan penyakit yaitu: preventif, kuratif dan rehabilitasi, Dari ketiga jenis usaha pencegahan penyakit menular ini yang mendapat tempat yang utama adalah (A)

Ada tiga jenis golongan pencegahan penyakit yaitu pencegahan secara preventif, kuratif, dan rehabilitasi, dari kegita jenis usaha pencegahan penyakit menular ini yang mendapatkan tempat yang paling utama adalah (A) preventif.

Sebab, tindakan preventif adalah usaha atau tindakan yang dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan atau persebaran penyakit.

Dengan mengutamakan pencegahan terlebih dahulu, maka akan mengurangi persebaran penyakit menular, sehingga akan semakin kecil resiko masalah kesehatan dan kematian yang terjadi.

Contohnya pada covid19, pencegahan preventif dilakukan dengan cara memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer, lalu menajaga jarak, dan rajin berolahraga.

Ketiga golongoan pencegahahan penyakit:

  • Preventif : tindakan mencegah penyakit agar tidak menular.

Contoh: memakai masker.

  • Kuratif: upaya yang dilakukan untuk mengobati penderita yang telah terinfeksi penyakit.

Contoh: mengkonsumi obat, karantina mandiri ataupun di rumah sakit.

  • Rehabilitasi: usaha yang dilakukan untuk mengembalikan mantan penderita ke dalam masyarakat.

Contoh: surat sehat / sembuh.

Jadi, yang paling utama dilakukan pencegahan dahulu sehingga penyakit tidak menular, sedangkan yang Kuratif dan Rehabilitasi tidak dapat dilakukan atau hanya dapat dilakukan apabila sudah terinfeksi.

Makanya, diutamakan pencegahan dulu, gak mungkin kan dibiarin biar sakit lalu diutamakan pengobatan.

Ada tiga golongan pencegahan penyakit yaitu: preventif, kuratif dan rehabilitasi. Dari ketiga jenis usaha pencegahan penyakit menular ini yang mendapat tempat yang utama adalah . . . .

a. preventif. ✅

b. kuratif.

c. rehabilitasi.

d. jawaban a, b dan c semuanya benar.

Penjelasan

Maksud soal: tindakan pencegahan penyakit penular paling utama.

Kata kunci: pencegahan paling utama.

  • Pilihan A benar.

Karena, upaya preventif dilakukan untuk mencegah agar penyakit tidak menular, kalau tidak menular, maka persebaran penyakit bisa dikendalikan, dan penyakit tersebut bisa dituntaskan.

  • Jawaban B salah.

Sebab, kalau mengutamakan kuratif yang berarti tindakan pengobatan, artinya kita membiarkan penyakit tersebut menular, dan mengutamakan pengobatan.

Padahal penyakit menular akan mudah tersebar, apabila satu tertular, kemungkinan orang terdekat juga memiliki resiko tinggi terinfeksi.,

  • Rehabilitasi salah.

Kalau rehabilitasi, sama halnya kita mengabaikan pencegahan, dan juga pengobatan, dan mengutakmakan pengembalian mantan penderita ke dalam masyarakat.

  • D salah.

Sebab, yang ditanyakan adalah yang utama. Bayangkan deh, kalau kita melakukan pencegahan penyakit menular, maka kita tidak perlu melakukan tidakan kuratif atau pengobatan, apalagi rehabilitasi atau pengembalian mantan penderita agar diterima masyarakat.

Oleh sebab itu yang diutamakan adalah preventif.

Jawabannya

Ada tiga golongan pencegahan penyakit yaitu: preventif, kuratif dan rehabilitasi. Dari ketiga jenis usaha pencegahan penyakit menular ini yang mendapat tempat yang utama adalah

Jawaban yang benar adalah (A) Preventif, sebab dengan mengutamakan tindakan preventif atau mencegah terhadap penyakit menular, maka persebaran penyakit bisa tekan, dan dapat dikendalikan, serta tidak perlu lagi melakukan tindakan kuratif atau pengobatan dan rehabilitasi atau pengembalian mantan penderita ke dalam kehidupan bermasyarakat.

Maaf kalau BENAR.

Ada tiga golongan pencegahan penyakit yaitu: preventif, kuratif dan rehabilitasi. Dari ketiga jenis usaha pencegahan penyakit menular ini yang mendapat tempat yang utama adalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *